Your Ad Here

Jumat, 17 April 2009

Kekuatan Kata-Kata

Kehidupan manusia tidak terlepas dari kata-kata. Setiap hari dalam hidup kita, kita menggunakan kata-kata untuk melakukan berbagai kegiatan misal: berbicara, bekerja, mendengar, menulis, membaca, dan juga berpikir. Tanpa kata-kata, tak ada yang bisa kita mengerti, tak ada yang bisa kita baca, tak ada yang bisa kita bicarakan, dan tanpa kata-kata tak bisa kita berkarya.

Kata-kata mengandung dua kekuatan, yaitu kekuatan negatif dan positif. Jika digunakan dengan tidak tepat, akan membawa bencana. Sebaliknya, jika digunakan dengan tepat, dapat memberikan manfaat optimal bagi keuntungan kita.

Suatu hari seorang raja bermimpi, ia melihat sebuah pohon yang berbuah emas. Pohon itu kemudian berkembang biak dengan cepat sehingga seluruh taman di istana raja penuh dengan pohon yang berbuah emas. Raja sangat senang akan hal ini. Tetapi kemudian, datang seekor serangga yang memakan daun pohon itu sehingga layu dan mati. Serangga itu berkembang biak dengan cepat dan memakan semua pohon-pohon emas yang ada di istana sehingga habis tiada tersisa.

Raja terbangun dari tidurnya, dan hatinya sangat resah, ingin tahu apa arti mimpinya. Lalu raja meminta para ahli mimpi untuk mengartikan mimpinya itu, dan datanglah seorang ahli mimpi yang hebat dan mengartikan mimpi raja. Ia berkata bahwa raja akan semakin kaya dengan cepat, tetapi kemudian kekayaannya akan hilang pula dengan cepat. Mendengar itu raja sedih dan memarahi ahli mimpi itu dan menghukumnya. Raja menganggap ahli mimpi itu berbohong.

Kemudian raja memanggil seorang ahli mimpi yang lain. Ahli mimpi ini mengetahui bahwa raja menginginkan arti yang baik. Lalu ia pun berkata, “Raja akan terus berkuasa dan berumur panjang, baik hartanya banyak maupun sedikit. Harta tidak akan mempengaruhi kekuasaan raja”. Mendengar itu raja menjadi senang sekali, lalu memberi ahli mimpi itu banyak hadiah.

Kalau ditelusuri, sebenarnya kedua ahli mimpi raja menceritakan hal yang sama, tetapi penyampaiannya saja yang berbeda. Ahli mimpi yang satu lebih pintar mengambil hati raja. Ia menyampaikan arti dari sisi yang positif, bahwa walau pun hartanya hilang, tetapi raja tetap selamat. Sedangkan ahli mimpi yang lain menyampaikan dari sisi yang negatif, bahwa harta raja akhirnya akan hilang.

Dari kisah di atas kita dapat melihat bahwa kata-kata positif akan memberikan keuntungan kepada kita sementara kata-kata negatif hanya akan membawa bencana kepada kita.

Pilihan kata-kata yang kita buat akan menentukan sukses tidaknya kita dalam hidup ini. Kita dapat mengendalikan pilihan kata yang kita buat dengan berbicara, mendengar, membaca, dan berpikir positif. Oleh sebab itu pilihlah kata-kata positif yang akan memberikan manfaat bagi kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar