Your Ad Here

Kamis, 01 Juli 2010

Bahagia Dulu Baru Sukses


Para guru spiritual mengatakan : " Kebahagiaan adalah sebuah jalan, bukan tujuan ". Ada juga yang mengatakan " Carilah Kerajaan Surga Terlebih Dahulu, maka segalanya akan di tambahkan kepadamu ".
Berdasarkan kedua kalimat di atas, sangat jelas di katakan bahwa kunci kesuksesan sebetulnya terlebih dahulu mengalami kebahagiaan. Oleh karena itu dalam mengerjakan apapun, dahulukan kegembiraan, have fun, nikmati apa yang sedang anda kerjakan dan temukan kebahagiaannya. Jangan terlalu terikat pada hasil atau mengkawatirkan hasilnya , pasrahkan saja hasilnya. Bila anda fokus pada apa yang sedang anda kerjakan, hadir secara penuh dan menyadari apa yang sedang anda kerjakan. Tentunya akan membuahkan hasil yang baik bagi anda.
Hubungan antara kebahagiaan dan kesuksesan juga pernah diteliti oleh sebuah tim dari University of California yang dipimpin oleh Professor Sonja Lyubomirsky.
Pertama-tama mereka bertanya kepada orang-orang tentang berbagai aspek dalam hidup mereka. “Sebagai contoh, mereka menunjukkan bahwa orang yang bahagia cenderung mempunyai penghasilan yang lebih baik,” kata Prof Lyubomirsky. Setelah menemukan hubungannya, mereka ingin mencari tahu penyebabnya.
“Selalu orang berasumsi bahwa hal-hal yang berhubungan dengan kebahagiaan adalah penyebab kebahagiaan, tetapi bisa juga terjadi sebaliknya – bahwa hal-hal itu justru disebabkan oleh kebahagiaan,” kata Proffessor Ed Diener dari University of Illinois, pada salah satu tulisannya.
Penelitian lain menunjukkan bahwa mempunyai kehidupan yang bahagia cenderung menarik keberuntungan.
“Ada bukti yang kuat bahwa kebahagiaan membawa orang-orang lebih ramah, lebih dermawan, lebih produktif dalam pekerjaan, mendapat penghasilan yang lebih besar dan mempunyai kekebalan tubuh yang lebih kuat,” kata Prof Lyubomirsky.
Sementara itu penelitian membuktikan bahwa pemberian semangat bisa menghasilkan kesuksesan “Membuat orang-orang berbahagia menyebabkan mereka membuat uang yang lebih banyak dalam suatu simulasi komputer.”
Penelitian menunjukkan sementara kesuksesan bisa membuat orang lebih bersemangat, orang-orang ini tetap membutuhkan kebahagiaan untuk mendapatkan kesuksesan.
Kenapa kebahagiaan bisa mendatangkan kesuksesan? Para peneliti mengemukakan bahwa orang-orang yang merasa kehidupannya berjalan baik, “lebih bisa memaksimalkan sumber daya dan pertemanan mereka; mereka lebih bisa mengambil peluang untuk mengembangkan kemampuan mereka; atau mereka lebih bisa memanfaatkan waktu mereka untuk mengembalikan energi mereka yang terpakai setelah usaha yang keras.” Dengan kata lain, ketika kita tidak menghabiskan energi kita untuk bersikap murung, bersedih, kecewa, frustasi, dan marah, kita bisa memanfaatkan energi kita untuk mewujudkan impian-impian kita.
“Ketika orang merasa bahagia,” Lyubomirsky melanjutkan, “mereka cenderung merasa yakin, optimis, dan berdaya, dan orang-orang lain mendapati mereka sebagai orang yang enak diajak bergaul. Jadi jelas orang-orang yang berbahagia lebih diuntungkan dalam hal ini.”
Ketika kita bahagia, kita cenderung mau menerima tantangan, mengembangkan pergaulan, belajar keahlian baru dan senang untuk belajar hal-hal yang baru. Jika ada mau mengembangkan diri Anda, maka menjadi bahagia adalah strategi yang efektif. Dan sekali lagi kesuksesan selalu berbanding lurus dengan pengembangan kepribadian kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar